Pages

 
Tuesday, September 18, 2012

Sekolah Indonesia Kinabalu Terbesar Di Luar Negeri

0 comments

Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) merupakan sekolah Indonesia yang ke-15 yang didirikan di luar negeri. Salah satu visi/misi SIKK adalah berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi pendidikan anak-anak Indonesia di Sabah, Malaysia. Pembangunan sekolah SIKK dengan anggaran sekitar Rp 29 miliar merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan akan menjadi sekolah Indonesia yang terbesar dan ternyaman di luar negeri. Bangunan sekolah terdiri dari 24 kelas dan 3 laboratorium untuk jenjang SD, SLTP, dan SMU.

Kepala Sekolah SIKK, Dadang Hermawan yang didampingi Konsul Muda KJRI Kinabalu, Duana Sirait menyampaikan bahwa akan ada sarana olah raga seperti lapangan bulu tangkis, futsal, mushola dan 5 rumah untuk guru. Sekolah Indonesia Kota Kinabalu terletak di Kampung Melawa, Sepangar dengan luas sekitar 1.5 hektar yang dapat digunakan selama 99 tahun dan ijin penggunaannya dapat diperpanjang kembali.

Pendirian Sekolah Indonesia Kota Kinabalu merupakan hasil pertemuan bilateral antara Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhono dengan Perdana Menteri Malaysia Abdullah Badawi di Kuala Lumpur pada tangal 11 Januari 2008. SIKK mulai beroperasi pada tanggal 1 Desember 2008 setelah mengantongi ijin dari Kementerian Pelajaran Malaysia dan beberapa lembaga terkait di Sabah – Malaysia.

Berdasarkan SK Mendiknas Tahun 2008 SIKK didirikan dalam rangka memberikan akses pendidikan terhadap anak-anak Indonesia yang tinggal di Sabah baik melalui pendidikan Formal maupun Non-Formal. Hal ini didasarkan data dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia Kota Kinabalu bahwa anak-anak Indonesia yang berada pada usia sekolah berkisar 24.199 anak. Dari jumlah tersebut sekitar 9.000 telah ditangani melalui NGO International HUMANA dan unsur-unsur masyarakat yang berada di Sabah-Malaysia.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia Bapak Da’i Bachtiar berharap bahwa Sekolah Indonesia Kota Kinabalu dapat menjadi center point pendidikan anak-anak Indonesia yang berada di Sabah-Malaysia. Dengan adanya SIKK diharapkan anak-anak Indonesia di Sabah akan mendapatkan akses pendidikan yang layak sebagaimana yang diperoleh anak-anak Indonesia lazimnya.

Lokasi Sekolah Indonesia Kota Kinabalu berada di Alamesra – Plaza Utama Jalan Sulaman, Kota Kinabalu, Sabah – Malaysia, kawasan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu berada dalam kawasan pertokoan dan berdekatan dengan kampus Universiti Sabah Malaysia. Berkaitan dengan bangunan yang berbentuk Ruko, maka panitia melakukan pengubahsuaian disesuaikan dengan keperluan dan aturan yang dikeluarkan oleh instansi terkait di Malaysia, seperti dari Dewan Bandaraya Kota Kinabalu, Jabatan Bomba, dan Jabatan Kesehatan serta yang terakhir dari Jabatan Pendidikan Negeri Sabah. Untuk pengadaan fasilitas, panitia dan kepala sekolah berkoordinasi agar diperoleh fasilitas yang berdayaguna dengan kualitas yang standar dengan fasilitas pendidikan di Indonesia. Semoga sukses Sekolah Indonesia di Kinabalu!

Related Articles:

Leave a Reply

Website Archive

 
Sekolah Indonesia Luar Negeri © 2011 Design by World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends