Pages

 
Saturday, November 24, 2012

Kisi-kisi Soal UN 2013

0 comments

Sebagaimana di Tanah Air, Ujian Nasional (UN) di sekolah Indonesia luar negeri juga merupakan kegiatan yang wajib ditempuh oleh seluruh siswa agar dapat meneruskan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Pemerintah Republik Indonesia menetapkan UN sebagai salah satu cara untuk mengetahui kompetensi para pelajar Indonesia. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 pasal 63 tentang Standar Nasional Pendidikan menyatakan bahwa penilaian terhadap siswa dilakukan oleh guru, satuan pendidikan sekolah, dan pemerintah melalui UN.

Sebagai contoh kegiatan menyambut UN tahun 2013 adalah kegiatan pembelajaran di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) dan sejumlah Community Learning Center (CLC) yang tersebar di seluruh wilayah Sabah Malaysia. bagi mereka ini menjadi UN pertama yang akan dihadapi oleh siswa-siswa Indonesia di Sabah. Sebuah kesempatan yang luar biasa bagi siswa Indonesia di tanah Sabah karena berkesempatan mengikuti UN; tidak semua siswa yang bersekolah di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) memiliki kesempatan yang sama. Kesempatan yang luar biasa ini serentak membangkitkan perasaan siaga di kalangan para pendidik dan siswa Indonesia di negeri Sabah untuk berusaha menghadapi UN 2013.

Untuk gambaran soal Ujian Nasional 2013, Pemerintah Indonesia telah mempublikasikan Kisi-kisi Soal UN 2013 yang akan sangat berguna untuk komunitas sekolah di berbagai sekolah Indonesia yang tersebar di luar negeri. Silakan di download dan dipelajari Kisi-kisi Soal UN 2013 untuk setiap jenjang pendidikan yang ada di sekolah Indonesia di Mancanegara :



  1. Download Kisi-kisi UN SD / MI 2013

  2. Download Kisi-kisi UN SMP / MTs 2013

  3. Download Kisi-kisi UN SMK 2013

  4. Download Kisi-kisi UN SMA / MA 2013

  5. Download SK Bsnp tentang Kisi-kisi

Sebagai tambahan beberapa kegiatan mempersiapkan UN 2013 telah dilakukan juga di luar negeri. Contohnya di Sabah mengadakan lokakarya (workshop). Dimana panitia membagi peserta yang hadir menjadi dua kelompok;

1) Kelompok Micro Teaching, dan

2) Kelompok Perumus Soal.

Kelompok pertama akan diberi materi tentang “tips dan trik mengajar “ yang akan dilanjutkan dengan micro teaching oleh masing-masing peserta workshop. Panitia memberikan kesempatan selama 30 menit bagi setiap peserta untuk melakukan praktik mengajar.

Kelompok kedua dibagi kembali menjadi empat kelompok berdasarkan jenis soal yang terdapat dalam UN; 1) Kelompok IPA, 2) Kelompok Matematika, 3) Kelompok B. Indonesia, dan 4) Kelompok B. Inggris.

Demikian info kisi-kisi UN 2013 kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi para pembimbing siswa di sekolah Indonesia di luar negeri dalam mempersiapkan para muridnya mencapai sukses dalam ujian nasional tahun 2013 di berbagai jenjang pendidikan, Amin Ya Rabbal Alamin!

Related Articles:

Leave a Reply

Website Archive

 
Sekolah Indonesia Luar Negeri © 2011 Design by World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends