Pages

 
Tuesday, April 9, 2013

Indonesia - Amerika Serikat Kerja Sama Penelitian

0 comments

Indonesia dan Amerika Serikat membuka akses bagi mahasiswa dari kedua negara untuk saling bertukar ilmu dan melakukan penelitian bersama. Kesempatan tersebut dituangkan dalam nota kerja sama antara Universitas Bina Nusantara (Binus) dan Universitas Hawaii, yang ditandatangani Wakil Rektor Universitas Binus dan perwakilan dari Universitas Hawaii pada tahun 2012.

Penandatanganan kerja sama pendidikan ini merupakan satu dari belasan kerja sama lain yang dilakukan dalam kunjungan joint council ke Indonesia. Kerja sama ini lebih diarahkan pada kerja sama antar universitas. Dirjen Dikti Djoko Santoso, mengatakan tujuan penting dari kerja sama ini adalah untuk mengembangkan pengetahuan dengan pendekatan pertemanan kedua negara. “Intinya kita mencari teman,” ujarnya kepada media seusai menyaksikan penandatanganan nota kerja sama.

Dirjen menjelaskan, program pertukaran mahasiswa ini akan dibiayai masing-masing negara, dan berlaku untuk mahasiswa yang akan melanjutkan ke jenjang S2 dan S3. “Dananya dari anggaran negara untuk pendidikan,” tutur mantan Rektor Institut Teknologi Bandung ini.

Djoko menjelaskan, U.S-Indonesia Joint Council ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan ilmu pengetahuan bagi kedua negara, melalui pertukaran mahasiswa, kerja sama penelitian, dan program lainnya.

Kerja sama ini diharapkan mampu membawa ilmu baru bagi pengembangan tiga bidang prioritas pemerintah saat ini yaitu sains, teknologi, dan pertanian. Dari sisi Amerika Serikat, mahasiswa-mahasiswa Amerika Serikat tertarik untuk belajar budaya, seni, dan bahasa di Indonesia. “Tujuan akhir dari program ini adalah untuk memperbanyak jumlah mahasiswa Amerika yang ke Indonesia, maupun mahasiswa Indonesia ke Amerika,” kata Bernard.


Kemdikbud




Related Articles:

Leave a Reply

Website Archive

 
Sekolah Indonesia Luar Negeri © 2011 Design by World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends